Diseminasi E-Modul Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Gerak Parabola Di SMAN 2 Seulimeum

Aiman Alzawahiri, 190204012 (2024) Diseminasi E-Modul Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Gerak Parabola Di SMAN 2 Seulimeum. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aiman Alzawahiri, 190204012, FTK, PFS, 085216280393.pdf] Text
Aiman Alzawahiri, 190204012, FTK, PFS, 085216280393.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

TPACK merupakan konteks kerja yang menguraikan pengetahuan yang dimiliki guru tentang bagaimana teknologi, pendagogi, dan materi yang digabungkan untuk menyediakan pembelajaran berbasis TIK yang efektif. Fakta yang diperoleh dari lapangan adalah siswa cenderung pasif pada saat guru menyampaikan materi dan proses pembelajaran, materi yang disampaikan oleh guru masih berfokus pada buku paket, selain itu juga minat belajar siswa masih sangat rendah hal ini disebabkan karena pembelajaran fisika kurang dikuasai oleh siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui Diseminasi E-modul Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Gerak Parabola Di SMAN 2 Seulimeum, (2) untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan Diseminasi E-modul Pembelajaran berbasis TPACK Pada Materi Gerak Parabola Di SMAN 2 Seulimeum, (3) untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran melalui Diseminasi E-modul Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Gerak Parabola Di SMAN 2 Seulimeum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yang melibatkan 1 kelas X IPA 1. Data dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan angket analisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan sebelumdan sesudah menggunakan E-modul dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 8,60 > 1,6711 yang artinya H1 diterima. (2) siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran E-Modul Berbasis TPACK pada pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Seulimum dengan presentase 81% (3) angket aktivitas guru mendapat respon positif dari guru terhadap penggunaan media E-Modul pembelajaran Berbasis TPACK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aiman Alzawahiri
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:12
Last Modified: 06 Feb 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35302

Actions (login required)

View Item
View Item