Hubungan Sosial Masyarakat Antar Umat Beragama Di Desa Sadar Kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam

Rini Elviani, 190404045 (2024) Hubungan Sosial Masyarakat Antar Umat Beragama Di Desa Sadar Kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Hubungan Sosial Masyarakat Antar Umat Beragama Di Desa Sadar Kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam] Text (Hubungan Sosial Masyarakat Antar Umat Beragama Di Desa Sadar Kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam)
Rini Elviani, 190404045, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Sosial Masyarakat Antar Umat Beragama Di Desa Sadar Kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam”. Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antar induvidu yang tinggal di dalam masyarakat. hubungan sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan sosial masyarakat antar umat beragama dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan sosial antar umat beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sosial yang terjadi antar umat beragama, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengruhi hubungan sosial antar umat beragma. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis menemukan berbagai sumber tentang hubungan sosial yang terjadi antar umat beragama melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa terjadinya hubungan sosial melalui proses sosial yang ditemukan adalah kerja sama,gotong royong, dan akomodasi. Faktor yang mempengaruhi hubunngan sosial adalah faktor agama,kerbat,dan ekonomi sosial. Kata Kunci : Hubungan Sosial, Umat Beragama, Kerja Sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rini Elviani
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:08
Last Modified: 06 Feb 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35303

Actions (login required)

View Item
View Item