Peran Dayah Thalibul Huda Terhadap Sikap Religiusitas Remaja Di Gampong Bayu Aceh Besar

Siti Rahmati Nadia, 170201074 (2024) Peran Dayah Thalibul Huda Terhadap Sikap Religiusitas Remaja Di Gampong Bayu Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Dayah Thalibul Huda Terhadap Sikap Religiusitas Remaja Di Gampong Bayu Aceh Besar] Text (Peran Dayah Thalibul Huda Terhadap Sikap Religiusitas Remaja Di Gampong Bayu Aceh Besar)
Siti Rahmati Nadia, 170201074, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pendidikan nonformal berbasis keagamaan adalah pembelajaran di Dayah Thalibul Huda. Dayah merupakan lembaga pendidikan yang berperan dalam perkembangan pengetahuan agama bagi masyarakat yang proses belajar mengajar dilaksanakan pada malam hari. Penelitian ini mengkaji peran Dayah Pengajian Thalibul Huda dalam membentuk sikap religiusitas remaja di Gampong Bayu dengan fokus pada keberagamaan dan dampak lembaga keagamaan. Tujuannya adalah menganalisis peran tersebut dengan harapan memberikan pemahaman mendalam tentang pengaruh lembaga keagamaan terhadap perkembangan spiritual remaja. Dengan merujuk pada teori-teori sosialisasi keagamaan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peran dayah Thalibul Huda dan dampaknya terhadap perkembangan sikap religiusitas remaja gampong Bayu Lamcot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengolah data deskriptif analisis. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran di Pengajian Dayah Thalibul Huda memiliki peran dan pengaruh positif dalam membentuk sikap religiusitas remaja, terutama dalam memberikan pengetahuan agama bagi remaja melalui pembelajaran shalat berjamaah dan materi kitab-kitab Arab klasik dalam membentuk religiusitas remaja. Pembelajaran Pengajian Dayah Thalibul Huda digunakan untuk mengisi waktu senggang remaja yang tidak memiliki kegiatan pada malam hari dan berfungsi untuk menambah serta menutupi kekurangan pengetahuan agama yang dipelajari pada sekolah formal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dayah Pengajian, Sikap, Religiusitas, Remaja, Gampong Bayu Lamcot
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rahmati Nadia
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:15
Last Modified: 06 Feb 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35305

Actions (login required)

View Item
View Item