Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 33 Bireuen

Ulfa Riani, 190209160 (2024) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 33 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 33 Bireuen] Text (Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 33 Bireuen)
Ulfa Riani, 190209160, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi siswa kelas IV MIN 33 Bireuen ditemukan permasalahan hasil belajar siswa masih rendah, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan belajar seperti, siswa yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, terutama tentang pemahaman teori dan konsep, dalam proses belajar mengajar tidak ada kerja sama antara siswa didalam setiap kelompok. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan dan merasa cenderung bosan dan kurang aktif untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah menggunakan pendekatan problem solving pada topik/sub bab selalu berhemat energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan siswa pada topik/sub bab selalu berhemat energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari observasi, LKPD dan soal post tes. Adapun prosedur pengumpulan data adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan soal tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus presentase sesuai dengan keberhasilan yang telah di tentukan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 33 Bireuen sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I dengan nilai persentase 77,38% dengan kategori baik, siklus II aktivitas guru dengan nilai persentase 83,33%, siklus III aktivitas guru meningkat dengan nilai persentase 90,47% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa Siklus I dengan nilai persentase 76,19%, siklus II aktivitas siswa dengan nilai persentase 82,14%, siklus III meningkat dengan nilai persentase 89,28,% kategori sangat baik. Hasil tes belajar siswa siklus I dengan nilai presentase 60%, siklus II dengan nilai presentase 72%, siklus III dengan nilai persentase 84%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan penerapan pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV MIN 33 Bireuen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfa Riani
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:24
Last Modified: 06 Feb 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35320

Actions (login required)

View Item
View Item