Analisis Dampak Program Bantuan Rehab Rumah Baitul Mal Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kabupaten Aceh Selatan

Julia Syantika, 190801041 (2023) Analisis Dampak Program Bantuan Rehab Rumah Baitul Mal Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Baitul Mal, Program Rehab Rumah, Kesejahteraan Masyarakat] Text (Baitul Mal, Program Rehab Rumah, Kesejahteraan Masyarakat)
Julia Syantika, 190801041, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Salah satu permasalahan mendasar yang dihadapi oleh masyarakat miskin adalah terbatasnya akses terhadap perumahan yang sehat dan layak huni. Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan telah melakukan program penanggulangan kemiskinan untuk kesejahteraan masyarakat salah satunya adalah program bantuan rehab rumah. Diharapkan program ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya terutama dari segi kebutuhan papan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program rehab rumah Baitul Mal terhadap kesejahteraan masyarakat miskin di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menganalisis suatu kondisi sosial yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program rehab rumah Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan memiliki dampak positif, tidak hanya bagi masyarakat penerima bantuan tetapi juga masyarakat disekitar lingkungan tersebut. Dampak yang dirasakan diantaranya: Peningkatan kemandirian ekonomi, ketahanan dan stabilitas, adanya lapangan pekerjaan, interaksi sosial, meningkatnya partisipasi masyarakat, mendorong masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah, mengurangi konflik, pemberdayaan masyarakat, keadilan sosial dan peningkatan solidaritas sosial. Program rehab rumah Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dalam proses perencanaan dan penyaluran sudah bagus. Saran kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dalam penyaluran program bantuan rehab rumah untuk dapat menambah kuota penerima bantuan supaya lebih banyak masyarakat yang dapat terbantu dan merasakan dampak dari program bantuan rehab rumah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Julia Syantika Julia
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:19
Last Modified: 06 Feb 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35323

Actions (login required)

View Item
View Item