Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh

Badriyah, 190209158 (2024) Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh)
Badriyah, 190209158, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi belajar siswa kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh, ditemukan permasalahan hasil belajar siswa yang masih rendah, banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dan tidak memperhatikan penjelasan guru, kurangnya kerja sama siswa didalam setiap kelompok. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan, merasa cenderung bosan dan kurang aktif untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah menggunakan strategi cooperative script pada topik/sub bab kewajiban dan hak ku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik/sub bab kewajiban dan hak ku. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari observasi, soal post tes, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa secara individu. Adapun prosedur pengumpulan data adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan soal tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus presentase sesuai dengan keberhasilan yang telah di tentukan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 7 Banda Aceh sebanyak 37 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I dengan nilai persentase 80,76% dengan kategori baik, siklus II aktivitas guru dengan nilai persentase 94,23% dengan kategori Sangat baik. Aktivitas siswa Siklus I dengan nilai persentase 78,84%, siklus II meningkat dengan nilai persentase 92,30% kategori sangat baik. Hasil tes belajar siswa siklus I dengan nilai presentase 62,16%, siklus II dengan nilai presentase 81,08%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Badriyah Badriyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:24
Last Modified: 06 Feb 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35324

Actions (login required)

View Item
View Item