Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaqul Karimah Dalam Al-Qur’an (Surat Al-Shaffat)

Reza Fernanda, 160201128 (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaqul Karimah Dalam Al-Qur’an (Surat Al-Shaffat). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaqul Karimah Dalam Al-Qur’an (Surat Al-Shaffat)] Text (Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaqul Karimah Dalam Al-Qur’an (Surat Al-Shaffat))
Reza Fernanda, 160201128, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang tentang pentingnya akhlaqul karimah yang terdapat dalam al-Qur’an surat al-Shaffat. Al-Qur’an merupakan jantung agama Islam yang di dalamnya sangat banyak memuat aspek-aspek kehidupan manusia dan didalamnya mengandung masalah-masalah akidah, akhlak, muamalah, ibadah, dan kisah-kisah. Salah satu kisah yang diceritakan dalam al- Qur’an surat al-Shaffat ini adalah kisah Nabi Ibrrahim dan Nabi Ismail, dan banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah nilai-nilai pendidikan akhlaqul karimah yang terdapat dalam surat al-Shaffat. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlaqul karimah yang terdapat dalam surat al-Shaffat. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara diambil dari bahan-bahan tertulis, baik itu berupa al-Qur’an, tafsir, maupun buku-buku atau lainnya yang berhubungan dengan topik pembahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam surat al-Shaffat ini terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak berupa: akhlak terhadap Allah yaitu taqwa, sabar, dan tawakkal, dan akhlak sesama manusia yaitu birrul walidain/berbakti kepada kedua orang tua. Dan adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan tentang pendidikan akhlak serta agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, Akhlak, Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Fernanda
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35328

Actions (login required)

View Item
View Item