Pengembangan Soal Hots Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 2 Bireuen

Rina Safitri, 190208015 (2024) Pengembangan Soal Hots Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 2 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Soal Hots Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 2 Bireuen] Text (Pengembangan Soal Hots Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 2 Bireuen)
Rina Safitri, 190208015, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan soal HOTS dilatarbelakangi oleh jarangnya penggunaan soal-soal HOTS pada saat evaluasi pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan soal HOTS pada materi ikatan kimia, mendeskripsikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal, serta untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 2 Bireuen. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 5 B SMA Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, lembar angket kebutuhan, lembar validasi ahli, validasi butir soal dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, analisis kebutuhan, validasi ahli, validasi butir soal, dan melalui teknik tes. Hasil wawancara diperoleh bahwa di sekolah SMA Negeri 2 Bireuen guru masih jarang menggunakan soal HOTS pada evaluasi pembelajaran kimia. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan soal HOTS pada materi ikatan kimia. Hasil validasi soal oleh para ahli dari aspek materi, konstruksi dan bahasa diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,33% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil analisis kriteria butir soal menunjukkan dari 16 butir soal hanya 11 butir memiliki kriteria “valid”, nilai reliabilitas 0,61 dengan interpretasi “tinggi”. 5 butir soal dengan indeks kesukaran mudah dan 11 butir soal dengan indeks kesukaran sedang. Sedangkan untuk daya beda menunjukkan 11 butir soal berada pada kategori baik. Hasil analisis tes dari 28 peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,96 yang menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi ikatan kimia masih tergolong kategori “cukup”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rina Safitri Rina
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35329

Actions (login required)

View Item
View Item