Pengaruh Tingkat Jumlah Penduduk Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Aceh

Qori Juanda Sya Putra, 180604004 (2023) Pengaruh Tingkat Jumlah Penduduk Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Jumlah Penduduk, Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi] Text (Jumlah Penduduk, Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi)
Qori Juanda Sya Putra, 180604004, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam menilai kinerja suatu perekonomian. Pertumbuhan ekonomi juga merujuk pada proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang. Dengan demikian, perekonomian dianggap mengalami pertumbuhan jika pendapatan riil masyarakat pada tahun tertentu lebih besar dibandingkan dengan pendapatan riil masyarakat pada tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah penduduk dan belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data penelitian menggunakan estimasi data panel atau gabungan antara cross section dengan time series pada 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh selama lima tahun dari 2017- 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan secara parsial jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan belanja modal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh. Sedangkan secara simultan jumlah penduduk dan belanja modal bergaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Qori Juanda Sya Putra Putra
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35330

Actions (login required)

View Item
View Item