Pengembangan Modul Kesetimbangan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nurhaliza, 190208012 (2024) Pengembangan Modul Kesetimbangan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Kesetimbangan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Kesetimbangan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nurhaliza, 190208012, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pengembangan modul kesetimbangan kelarutan dan hasil kali kelarutan terintegrasi nilai-nilai keislaman pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatar belakangi dari hasil analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa bahwa dosen selalu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman di setiap pembelajaran, khususnya pada materi kesetimbangan kelarutan dan hasil kelarutan sehingga dibutuhkan adanya inovasi bahan ajar berupa modul untuk dikembangkan agar dapat menambah pengetahuan dan menambah keimanan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul kesetimbangan kelarutan dan hasil kali kelarutan terintegrasi nilai-nilai keislaman pada Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan mengetahui respon mahasiswa terhadap modul tersebut. Subjek penelitian yaitu mahasiswa prodi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry angkatan tahun 2022, sebanyak 18 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengembangan atau research and development (R&D) yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa, angket validasi, dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari keempat validator dengan nilai Aiken V sebesar 0,92 dengan kategori “sangat valid”. Hasil respon mahasiswa pada modul sebesar 87,5% kategori “sangat baik”. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas Cronbach Alfa untuk menentukan tinggi atau rendahnya korelasi skor item dengan skor total. Koefisien korelasi dengan uji reliabilitas Cronbach Alfa mendapat nilai 0,71 menunjukkan lembar angket yang digunakan reliable. Hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul kesetimbangan kelarutan dan hasil kali kelarutan terintegrasi nilai-nilai keislaman sangat valid untuk digunakan pada prodi pendidikan kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurhaliza Nurhaliza
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item
View Item