Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Bagi Pembangunan Ekonomi Dan Infrastruktur Pedesaan di Gampong Alue Raya

Rahmatul Rizki, 180604088 (2023) Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Bagi Pembangunan Ekonomi Dan Infrastruktur Pedesaan di Gampong Alue Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembangunan, Infrastruktur, dan Alokasi Dana Desa] Text (Pembangunan, Infrastruktur, dan Alokasi Dana Desa)
Rahmatul Rizki, 180604088, FEBI, IE .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang ditransfer melaui APBD kabupaten dan kota digunakan untuk membiayaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan. Berdasarkan UU N0. 6 Tahun 2014 Pengelolaan pembangunan desa dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pengelolaan dana desa bagi pembangunan ekonomi dan infrastruktur di Desa Alue Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan proses pengelolaan dana desa dalam pembangunan infrastruktur di Alue Raya dimulai dari perencanaan sudah efektif, namun pada tahap pelaksanaan dan pengawasan pengelolaan dana desa belum berjalan dengan efektif dikarenakan pengalihan dana desa pada akses pendidikan dan kesehatan serta tidak adanya evaluasi kegiatan bersama dengan masyarakat. Pemerintah Desa diharapkan dapat meningkatkan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dengan lebih baik lagi serta pada tahap pengawasan sebaiknya pemerintah melakukan rapat evaluasi bersama masyarakat sebagai bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rahmatul Rizki Rizki
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:31
Last Modified: 06 Feb 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35333

Actions (login required)

View Item
View Item