Sistem Bonus Multilevel Marketing ditinjau menurut Konsep Akad Ji’ᾱlah (Studi Kasus pada PT. Melia Sehat Sejahtera Banda Aceh)

Desy Annisa, 121309942 (2018) Sistem Bonus Multilevel Marketing ditinjau menurut Konsep Akad Ji’ᾱlah (Studi Kasus pada PT. Melia Sehat Sejahtera Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Sistem Bonus]
Preview
Text (Membahas tentang Sistem Bonus)
Desy Annisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B Dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B Dan Form D.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

PT. Melia Sehat Sejahtera adalah salah satu perusahaan yang menggunakan sistem MLM (Multilevel Marketing) yang dimana pemasaran produknya melibatkan member sebagai konsumen, pemasar, dan distributornya. Usaha atau bisnis syariah yang termasuk pekerjaan agen atau distributor dalam fiqh Islam dinamakan akad ji’ᾱlah yaitu suatu transaksi yang memanfaatkan jasa orang lain dengan memberikan suatu imbalan. Praktik multilevel marketing yang terdapat pada PT. Melia Sehat Sejahtera yaitu sesudah menjadi member, maka para member tersebut mencari member baru yang lainnya. Jika member mampu menjaring member baru yang banyak, maka ia akan mendapat bonus. Semakin banyak member yang dapat dijaring maka semakin banyak pula bonus yang di dapat karena perusahaan merasa diuntungkan oleh banyaknya member yang sekaligus menjadi konsumen paket produk pada perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan 2 masalah yaitu: Bagaimana proses anggota PT. Melia Sehat Sejahtera untuk mendapatkan bonus dalam kinerjanya sebagai member PT. Melia Sehat Sejahtera? bagaimana analisis akad ji’ᾱlah terhadap praktik multilevel marketing pada Melia Sehat Sejahtera?. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research) kemudian data tersebut diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dan data-data tersebut kemudian penulis analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat dipaparkan bahwa untuk mendapatkan bonus PT. Melia Sehat Sejahtera menggunakan sistem jaringan yang membina dua tim yang disebut dengan sistem binary. Marketing plan yang di gunakan oleh PT. Melia Sehat Sejahtera ini menawarkan banyak bonus. Aplikasi Multilevel Marketing antara pihak perusahaan PT. Melia Sehat Sejahtera dengan para member dalam kaitannya dengan pemberian imbalan atau bonus kepada para member yang berhasil menjual produk sekaligus merekrut member baru sudah sepenuhnya berdasarkan ketentuan-ketentuan ji’ᾱlah. Dengan adanya kerjasama ini, pihak perusahaanpun merasa diuntungkan karena banyaknya anggota yang sekaligus menjadi konsumen produk perusahaan. Dan para member juga mendapatkan keuntungan yaitu berupa bonus yang diberikan perusahaan terhadap prestasi yang telah dilakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Jamhuri, MA 2. Syarifuddin Usman, S.Ag, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Bonus, Multilevel Marketing, ji’ᾱlah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.226 Ji'alah (Sayembara, Pembelian Fee)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Desy Annisa
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:03
Last Modified: 18 Apr 2018 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item
View Item