Keanekaragaman Tumbuhan Herba Di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang

Saridepi, 190703020 (2024) Keanekaragaman Tumbuhan Herba Di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Keanekaragaman Tumbuhan Herba Di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang] Text (Keanekaragaman Tumbuhan Herba Di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang)
Saridepi, 190703020, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Herba secara ekologis berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem yakni berperan sebagai tumbuhan penutup tanah dan berperan dalam memperkuat struktur tanah. Desa Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang memiliki Gunung berapi Jaboi yang ditandai dengan adanya manifestasi geothermal berupa fumarol, hal ini tentunya mempengaruhi struktur tanah dan tumbuhan penutup tanah (herba). Sampai saat ini secara literatur belum terdapat informasi jenis herba yang hidup di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan herba dan keanekaragaman tumbuhan herba di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode kalaborasi Line transek dan metode kuadrat dengan menetapkan lokasi penelitian di bagi menjadi 4 titik stasiun berdasarkan arah mata angin yaitu utara, timur, selatan dan barat dengan panjang 100 meter dan dibagi menjadi 5 plot dengan ukuran plot 1x1 meter. Paramater yg diukur dalam penelitian ini yaitu suhu, kelembaban tanah, kelembaban udara, pH tanah dan intensitas cahaya. Hasil penelitian keanekaragaman herba di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang ditemukan 25 spesies dari 21 familia tumbuhan herba. Hasil penelitian menunjukkan keanekaragaman herba di Kawasan Manifestasi Geothermal Gunung Jaboi Kecamatan Sukajaya Kota Sabang memiliki tingkat keanekaragaman tergolong sedang, dengan nilai indeks H'=2.7402. Jenis herba yang memiliki INP tertinggi adalah Stenochlaena palustris dengan nilai penting yaitu 24,68%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Saridepi Depi
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:42
Last Modified: 06 Feb 2024 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35340

Actions (login required)

View Item
View Item