Analisis Pemahaman Dan Motivasi Pelajar Dalam Melakukan Transaksi Pinjaman Online Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelajar MAN 2 Kabupaten Bireuen)

Ridha Syuhada, 170602204 (2023) Analisis Pemahaman Dan Motivasi Pelajar Dalam Melakukan Transaksi Pinjaman Online Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelajar MAN 2 Kabupaten Bireuen). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemahaman, Motivasi Pelajar, Pinjaman Online, Perspektif Ekonomi Islam] Text (Pemahaman, Motivasi Pelajar, Pinjaman Online, Perspektif Ekonomi Islam)
Ridha Syuhada, 170602204, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman dan motivasi pelajar dalam melakukan transaksi pinjaman online berdasarkan perspektif ekonomi Islam dengan melakukan penelitian pada pelajar MAN 2 Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan yang dilakukan melalui penelitian lapangan (field research), dengan tahap seperti mengobservasi, melakukan wawancara dengan informan, serta mengumpulkan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Informan yang diwawancarai dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 13 orang, yaitu 8 orang pelajar serta 5 orang tenaga pendidik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada 5 orang pelajar memahami layanan pinjaman online hanya sebagai layanan yang menyediakan layanan peminjaman yang dapat dilakukan tanpa tatap muka dan prosesnya yang sangat praktis dan cepat. Sedangkan, pada 3 orang pelajar lainnya menyadari betapa pentingnya legalitas dari layanan pinjaman online tersebut. Motivasi yang mendorong pelajar untuk melakukan transaksi pinjaman online datang dari berbagai faktor, seperti karena prosesnya yang mudah dan cepat, pengaruh dari lingkungan dan iklan, serta munculnya keinginan untuk membeli suatu barang atau jasa. Kemudian, ditinjau dari ekonomi Islam, dana pinjaman dari layanan tersebut dimanfaatkan untuk keperluan modal usaha, kebutuhan konsumtif, dan untuk keinginan semata. Selain itu, 8 orang pelajar MAN 2 Bireuen menggunakan aplikasi pinjaman online yang menggunakan sistem praktik konvensional yang terdapat penerapan sistem bunga. Artinya, para pelajar MAN 2 Bireuen menggunakan layanan pinjaman online yang terkandung unsur riba di dalam praktiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridha Syuhada Ridha
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:52
Last Modified: 06 Feb 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35343

Actions (login required)

View Item
View Item