Dampak Program Desa Wisata Danau Anak Laut Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Gosong Telaga Barat Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil

Rahmawati, 180405012 (2024) Dampak Program Desa Wisata Danau Anak Laut Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Gosong Telaga Barat Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Dampak Program Desa Wisata Danau Anak Laut Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Gosong Telaga Barat Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil] Text (Dampak Program Desa Wisata Danau Anak Laut Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Gosong Telaga Barat Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil)
Rahmawati, 180405012, FDK, KS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah. Keberadaan wisata dianggap sebagai sebuah potensi daerah dalam meningkatkan pendapatan. Masyarakat dilibatkan dalam pengelolaan potensi wisata daerah. Salah satu desa yang dikembangkan sebagai desa wisata yaitu Desa Gosong Telaga Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Desa Wisata dan Dampak Program Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kesejateraan Ekonomi Masyarakat Desa Gosong Telaga Barat Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan 6 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan dalam pengelolaan desa wisata dinilai baik. Kesiapan masyarakat dalam pengelolaan desa wisata ditinjau dari aspek pengadaan dana dan lahan, pengembangan sarana dan prasarana, promosi objek wisata, kesiapan masyarakat sebagai pelaku usaha. Dalam hal ini menunjukkan bahwa desa wisata membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat di Desa Gosong Telaga Barat, Diantaranya: pendapatan masyarakat meningkat, berpeluang kesempatan kerja dan usaha, meningkatkan kepemilikan dan pengelolaan, meningkatkan pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:49
Last Modified: 06 Feb 2024 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35345

Actions (login required)

View Item
View Item