Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Siswa di SMP Negeri Perisai Kutacane

Muchzar Alwy Selian, 190206075 (2023) Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Siswa di SMP Negeri Perisai Kutacane. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Siswa di SMP Negeri Perisai Kutacane] Text (Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Siswa di SMP Negeri Perisai Kutacane)
SKRIPSI MA 21 12 2023 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan memberi arah serta ketahanan pada tingkah laku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha-usaha Kepala Sekolah, pemanfaatan sumber belajar dan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan sumber belajar siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah SMP Negeri Perisai Kutacane. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu usaha yang dilakukan Kepala Sekolah menjadi supervisor bertugas memantau, membimbing, dan membina kinerja guru melaksanakan pembelajaran dan menjadi fasilitator bertugas memberikan kebebasan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik sesuai kebutuhan pendidikan dan peserta didik, pemanfaatan sumber belajar siswa berpengaruh positif terhadap motivasi yang dicapai, hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu, biaya, jumlah sumber belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchzar Alwy Selian Muchzar
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:30
Last Modified: 07 Feb 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35346

Actions (login required)

View Item
View Item