Sistem Pengukuran Intensitas Cahaya dan Tegangan Panel Surya Menggunakan ESP328

Rangga Rio Pratama Pane, 190211055 (2024) Sistem Pengukuran Intensitas Cahaya dan Tegangan Panel Surya Menggunakan ESP328. Other thesis, UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
skripsi A5 rangga watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan sistem pengukuran intensitas cahaya dan tegangan pada panel surya secara real-time. Dengan menggunakan mikrokontroler ATmega328, yang dilengkapi dengan sensor INA219 untuk mengukur tegangan, sensor BH1750 untuk mengukur intensitas cahaya, dan modul logger. Tujuan penelitian ini untuk membantu dan mengurangi kerugian terhadap penggunaan panel surya. Metode penelitian yang digunakan yaitu 4D yang dimana sudah disederhanakan menjadi 3D Define, Design dan development. Sistem ini dirancang untuk mengumpulkan data secara akurat dan langsung dari panel surya, dengan tingkat kesalahan data yang tercatat sebesar 0,3%. Data yang terkumpul disimpan melalui SD card pada modul logger dan diubah ke format teks CSV. Penggunaan ATmega328 sebagai otak sistem memungkinkan pemantauan yang akurat secara real-time terhadap kondisi panel surya, sementara penyimpanan data dalam format CSV memudahkan analisis lebih lanjut. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi alat yang berguna dalam memantau dan meningkatkan efisiensi energi yang dihasilkan oleh panel surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rangga Rio Pratama Pane Rangga
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:42
Last Modified: 07 Feb 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35350

Actions (login required)

View Item
View Item