Implementasi Media Laboratorium Virtual Berbasis Lab Kimia Online Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Aceh Tamiang

Fitra Azkia Ramadhani, 190208078 (2023) Implementasi Media Laboratorium Virtual Berbasis Lab Kimia Online Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Laboratorium Virtual] Text (Laboratorium Virtual)
Fitra Azkia Ramadhani, 190208078, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Kab Aceh Tamiang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa peserta didik kesulitan dalam mempelajari materi kesetimbangan kimia, guru hanya melaksanakan pembelajaran kesetimbangan kimia seperti biasa tanpa menggunakan media pembelajaran, dan terkendala dengan alat dan bahan di laboratorium kimia. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi kesetimbangan kimia yaitu dengan menggunakan media laboratorium virtual berbasis lab kimia online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media laboratorium virtual berbasis lab kimia online terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia dan mengetahui respon peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan menggunakan desaian one sample pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4 berjumlah 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pretest-posttest dan angket respon. Analisis data hasil belajar menggunkan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji effect size. Hasil perolehan nilai rata-rata uji N-gain sebesar 0,708 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka hasil keputusannya Ha diterima. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,937 dengan kategori berpengaruh. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual berbasis lab kimia online terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda. Hasil persentase respon sebesar 87,58% maka dapat disimpulkan peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan media laboratorium virtual berbasis lab kimia online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitra Azkia Ramadhani Azkia
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:26
Last Modified: 07 Feb 2024 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35351

Actions (login required)

View Item
View Item