Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Bandar

Mahdalena, 190208080 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Bandar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD] Text (Pengembangan LKPD)
Mahdalena, 190208080, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis PjBL pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Bandar dilatarbelakangi dengan belum ada yang mengembangkan bahan ajar LKPD Berbasis Project Based Learning pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru hanya menggunakan buku cetak. Maka dengan adanya pengembangan LKPD ini diharapkan dapat menjadi alternative perangkat pembelajaran tambahan bagi guru untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran. Pengembangan LKPD ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD yang dikembangkan, melihat respon guru, serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis PjBL pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang pakar ahli, lembar angket respon guru dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,17 dengan persentase 83,33% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba pada peserta didik dan guru melalui penyebaran angket diperoleh persentase sebesar 82,75 % untuk angket respon peserta didik dan 82,10% untuk angket respon guru dengan kriteria “sangat setuju”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL pada materi laju reaksi sangat valid dan mendapat respon sangat setuju dari guru dan peserta didik untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Bandar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mahdalena Mahda
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:20
Last Modified: 07 Feb 2024 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35352

Actions (login required)

View Item
View Item