Penerapan Media Word wall Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qalbi Sigli

Mawaddah, 170210093 (2024) Penerapan Media Word wall Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qalbi Sigli. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Word wall Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qalbi Sigli] Text (Penerapan Media Word wall Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Nurul Qalbi Sigli)
Mawaddah, 170210093, FTK, PIAUD, 081262312768.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Media word wall merupakan salah satu media yang terdiri dari kumpulan kata-kata terorganisir yang ditulis dalam cetakan besar dan dipajang di area kelas yang mudah dilihat. Media word wall dapat membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan dengan munculnya berbagai model game yang dapat dibuat sehingga anak lebih tertarik untuk mengenal kosa kata baru, dan dapat digunakan mulai dari anak prasekolah hingga menengah. Berdasarkan hasil observasi awal di RA Nurul Qalbi Sigli terdapat anak usia 5-6 tahun yang belum menguasai kosa kata dengan baik, dan pembendaharaan kosa kata yang sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media word wall dapat meningkatkan penguasaan kosa kata anak di RA Nurul Qalbi Sigli. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan analisis Pre-exsperimental Designs yang menggunakan pendekatan one group pretest-posttest designs. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok B sebanyak 15 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, bahwa penguasaan kosa kata anak meningkat dengan baik melalui penerapan media word wall. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh yaitu hasil thitung 35,9 dan ttabel 1,761 dengan derajat bebas (db) yaitu 14 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hasil hipotesis thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mawaddah Mawaddah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:03
Last Modified: 07 Feb 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35366

Actions (login required)

View Item
View Item