Pemahaman Masyarakat Sawang Tentang Perdukunan Di Desa Unjung Pandang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan

Ade Muhiddin, 170302005 (2024) Pemahaman Masyarakat Sawang Tentang Perdukunan Di Desa Unjung Pandang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Sawang Tentang Perdukunan Di Desa Unjung Pandang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pemahaman Masyarakat Sawang Tentang Perdukunan Di Desa Unjung Pandang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan)
Ade Muhiddin, 170302005, FUF, SAA, 085213312223.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang pemahaman masyarakat terkait dengan kegiatan perdukunan. Pandangan Islam terkait dengan perdukunan merupakan perbuatan syirik, karena empercayai perdukunan dalam agama Islam merupakan suatu perbuatan yang merusak keimanan kepada Allah SWT. Salah satunya pemahaman masyarakat tentang perdukunan yang berada di Desa Ujong Padang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan, ditinjau dari segi sosial dan permasalahan terkait kerohanian. Penelitian ini bertujuan (a) untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman masyarakat Desa Ujung Padang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan terhadap Praktek Perdukunan, dan (b) menjelaskan apa saja tanggapan masyarakat terhadap perdukunan yang berada di Desa Ujung Padang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari reduksi fenomenologis, reduksi eidetik, dan reduksi transendental. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa terdapat beberapa dimensi kepercayaan perdukunan yaitu perdukunan metode kuno dan metode perdukunan zaman modern. Terdapat beberapa faktor yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama baik metode kuno maupun modern. Akan tetapi perdukunan ini sangat merusak aqidah masyarakat, khususnya pada masyarakat Desa Sawang Ujong Padang Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Ade Muhiddin
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:04
Last Modified: 07 Feb 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35367

Actions (login required)

View Item
View Item