Penerapan Media Film Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Kejenhan Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh

Sesar Maudina, 180213052 (2024) Penerapan Media Film Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Kejenhan Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Film Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Kejenhan Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh] Text (Penerapan Media Film Animasi Melalui Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Kejenhan Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh)
Sesar Maudina, 180213052, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi mental siswa dalam rentang waktu tertentu merasa malas, bosan, lesu, tidak semangat, tidak bergairah untuk melakukan aktivitas belajar. Penyebab terjadinya kejenuhan belajar ialah metode belajar yang hanya mendengarkan penjelasan guru, mencatat dan membuat tugas, tidak ada media apapun yang diterapkan oleh guru sehingga materi yang diberikan terkadang sulit dipahami. Oleh karena itu salah satu alternatif yang dapat mengatasi kejenuhan belajar ialah dengan menerapkan film animasi melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media film animasi melalui bimbingan kelompok dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh populasi siswa kelas VII. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mengkategorikan siswa yang memiliki tingkat kejenuhan belajar pada tingkat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan film animasi melalui bimbingan kelompok dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan skor pre-test dan post-test

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sesar Maudina
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:01
Last Modified: 07 Feb 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35369

Actions (login required)

View Item
View Item