Partisipasi Perempuan Muda Dalam Wirausaha Keripik Pisang Di Gampong Blang Cot Baroh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen

Siti Farah Mayda, 190405052 (2024) Partisipasi Perempuan Muda Dalam Wirausaha Keripik Pisang Di Gampong Blang Cot Baroh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Partisipasi Perempuan Muda Dalam Wirausaha Keripik Pisang Di Gampong Blang Cot Baroh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen] Text (Partisipasi Perempuan Muda Dalam Wirausaha Keripik Pisang Di Gampong Blang Cot Baroh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen)
Siti Farah Mayda, 190405052, FDK, PKS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya permasalahan ekonomi dan rendahnya tingkat pendidikan khususnya pada perempuan muda sehingga banyak dari mereka lebih memilih untuk bekerja di sektor non formal, salah satunya pada wirausaha keripik Pisang di Gampong Blang Cot Baroh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana partisipasi perempuan muda sebagai penjual dan apa saja faktor yang mealatarbelakangi mereka menjadi penjual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan 15 informan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perempuan muda melakukan partisipasi langsung dalam bentuk nyata berupa tenaga yang diberikan. Ada dua partisipasi yang dilakukan yaitu partisipasi dalam kegiatan penjualan dan promosi. Dalam kegiatan penjualan ada empat tugas perempuan muda yaitu memanggil pembeli,melayani pembeli dan mengisi ulang produk dagangan. Dalam kegiatan promosi perempuan muda memakai teknik promosi menggunakan WOM yaitu WOM intensity,Positive Valance WOM,dan WOM Content. Proses rekruitmen perempuan penjual sangat sederhana. Indikator pengukur etos kerja perempuan penjual yaitu kerja keras,disiplin,jujur,tanggung jawab dan rajin. Faktor-faktor yang melatar belakangi perempuan muda bekerja sebagai penjual adalah faktor ekonomi, dimana perempuan muda bekerja untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi, adanya tanggungan keluarga,dan adanya faktor keinginan bekerja untuk mandiri secara finansial dan membiayai kebutuhan pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Perempuan muda, wirausaha
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Farah Mayda
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:03
Last Modified: 07 Feb 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35376

Actions (login required)

View Item
View Item