Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh

Miftahul Jannah, 190209167 (2024) Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh] Text (Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh)
Miftahul Jannah, 190209167, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis karangan siswa khususnya pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia masih dialami oleh siswa kelas III SD Negeri Banda Aceh, yang disebabkan guru belum menggunakan media gambar yang cocok dalam menulis karangan, yaitu mengajar menulis hanya dengan menyuruh siswa mengikuti tulisan guru di papan tulis saja tanpa ada media pendukung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa pada kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh. Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan siswa setelah menggunakan media gambar seri pada kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh yang berjumah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi guru, siswa dan soal. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 75%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,47%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,08%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 95,65%. Sedangkan hasil tes keterampilan menulis karangan siswa pada siklus I sebesar 63,15%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:15
Last Modified: 07 Feb 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35381

Actions (login required)

View Item
View Item