Implementasi Gala Umong Terhadap Kesejahteraan Petani Penggarap Sawah Dengan Pendekatan Maqashid Syariah

Muhammad Haikal, 180602096 (2023) Implementasi Gala Umong Terhadap Kesejahteraan Petani Penggarap Sawah Dengan Pendekatan Maqashid Syariah. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Gala Umong, Akad Gadai, Kesejahteraan, Maqashid Syariah] Text (Gala Umong, Akad Gadai, Kesejahteraan, Maqashid Syariah)
Muhammad Haikal, 180602096, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu bentuk mua’malah yang sifatnya saling tolong menolong sekaligus saling menguntungkan adalah rahn atau gadai. Di Aceh, gadai sawah sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat biasa disebut dengan Gala Umong. Praktek Gala Umong bertujuan supaya masyarakat yang kesulitas likuiditas tidak meminjam uang ke rentenir yang melakukan praktik riba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana Praktik Gala Umong yang diterapkan oleh petani Penggarap sawah di desa Lam Ujong Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie dan bagaimana tinjauan maqashid syariah terhadap praktik Gala Umong. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan melakukan wawancara langsung terhadap petani penggarap dan pelaku praktik Gala Umong. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik Gala Umong yang ditinjau dari maqashid syariah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Lam Ujong. Berdasarkan indikator maqashid syariah yang terdiri dari Al-nafs, An-nasl. Selanjutnya Proses Gala Umong yang dilakukan oleh masyarakat Lam Ujong adalah dengan menempatkan barang berupa sawah atas pinjaman yang diterima oleh peminjam dari orang yang memberikan hutang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Haikal Haikal
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:04
Last Modified: 07 Feb 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35382

Actions (login required)

View Item
View Item