Analisis Keefektifan Penggunaan Instrumen Pelaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Siti Hajjizah, 190208035 (2023) Analisis Keefektifan Penggunaan Instrumen Pelaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Instrumen Pelaksanaan Kegiatan Praktikum] Text (Instrumen Pelaksanaan Kegiatan Praktikum)
Siti Hajjizah, 190208035, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum efektifnya penggunaan instrumen penilaian kegiatan praktikum di laboratorium, yang selama ini respon, laporan dan final dinilai kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan instrumen kegiatan pelaksanaan praktikum mahasiswa di laboratorium Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan proses pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif praktikum Kimia Dasar I di Prodi Pendidikan Kimia UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berjumlah 10. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan rerata persentase sebesar 84,79% dengan kategori sesuai dengan yang tertera pada instrumen yang artinya sangat efektif instrumen pelaksanaan kegiatan praktikum digunakan dalam laboratorium. Sedangkan hasil respon angket mahasiswa mendapat tanggapan yang sangat baik menjawab melakukan kegiatan praktikum dengan persentase rata-rata mahasiswa sebesar 93,75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Siti Hajjizah Jiji
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:05
Last Modified: 07 Feb 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35384

Actions (login required)

View Item
View Item