Penerapan Metode Know Want To Know Learned Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh

Fadlia, 190209168 (2024) Penerapan Metode Know Want To Know Learned Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Know Want To Know Learned Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Know Want To Know Learned Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 55 Banda Aceh)
Fadlia, 190209168, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman merupakan aspek penting bagi siswa untuk menperoleh informasi yang terdapat dalam suatu media tulis. Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 55 Banda Aceh tergolong masih rendah, untuk itu peneliti memberi satu solusi dengan menerapkan metode KWL (Know Want to know Learned). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan metode Know Want to know Learned. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 55 Banda Aceh yang berjumlah 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian terhadap observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 71,87% kategori baik, siklus II 84,37% kategori sangat baik, siklus III 94,79% kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa siklus I persentase yang diperoleh 70,83% kategori baik, siklus II 80,20% kategori sangat baik, siklus III 93,75% kategori sangat baik. Untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa berdasarkan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I memperoleh 51,35%, siklus II 72,97% dan pada siklus III menjadi 89,18%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Know Want to know Learned dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 55 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadlia Fadlia
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:15
Last Modified: 07 Feb 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35386

Actions (login required)

View Item
View Item