Keanekaragaman Insecta Di Persawahan Gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Di Kelas X MAS Darul Hikmah Aceh Besar

Rahma Alija, 170207140 (2024) Keanekaragaman Insecta Di Persawahan Gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Tambahan Di Kelas X MAS Darul Hikmah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Insecta Di Persawahan Gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Keanekaragaman Insecta Di Persawahan Gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Rahma Alija, 170207140, FTK, PBL, 08126482713.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran tentang keanekaragaman hewan, termasuk serangga (arthropoda) memerlukan media pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat diajarkan melakukan identifikasi dan determinasi secara sederhana khususnya di kelas X MAS Darul Hikmah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman insecta di persawahan Gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar, mengetahui hasil uji kelayakan produk hasil penelitian dan respon siswa kelas X MAS Darul Hikmah Aceh Besar terhadap media yang telah dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan secara purporsif terhadap insecta yang terdapat pada tiap stasiun pengamatan. Penghitungan tingkat keanekaragaman insecta menggunakan indeks Shannon-Weiner (Ĥ). Parameter dalam penelitian ini meliputi jumlah spesies, jumlah individu, tingkat keanekaragaman, faktor fisika kimia lingkungan, uji kelayakan dan respon siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keanekaragaman insecta di persawahan gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar tergolong sedang yaitu Ĥ =1,73 tergolong kategori sedang. Jumlah keseluruhan individu spesies serangga diurnal di persawahan Gampong Limpok, yaitu sebanyak 479 individu, 15 spesies dari 6 ordo. Uji kelayakan materi diperoleh persentase 68,85% dengan katagori layak dan kelayakan media diperoleh persentase 76,36% dengan kategori layak. Hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 95,37% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman insecta di persawahan gampong Limpok Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar tergolong sedang, kelayakan materi dan media tergolong layak serta respon siswa yang diperoleh sangat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 550 Earth Sciences & Geology (Ilmu Bumi)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 550 Earth Sciences & Geology (Ilmu Bumi) > 551.1 Struktur dan Sifat Bumu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahma Alija Rahma
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:48
Last Modified: 07 Feb 2024 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35387

Actions (login required)

View Item
View Item