Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Fluida SMA/MA

Raihan Nabila, 190204091 (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Fluida SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Fluida SMA/MA] Text (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Fluida SMA/MA)
Raihan Nabila, 190204091, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dillengkapi oleh instansi pendidikan adalah kurikulum. Pada dasarnya, struktur kurikulum merupakan bagian paling penting dalam kurikulum itu sendiri Penelitian ini bertujuan untuk mendesain perangkat pembelajaran fisika berbasis kurikulum merdeka pada materi fluida dan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka pada materi fluida. Metode yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development). Model ADDIE memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan tahap evaluation. Pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Implementation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan ahli kurikulum. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 3,7 dengan persentase kelayakan 93,3% dengan kriteria sangat layak dan berdasarkan hasil validasi oleh ahli kurikulum memperoleh skor rata-rata 3,68 dengan persentase kelayakan 92% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis kurikulum merdeka pada materi fluida sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Kurikulum Mereka, Fluida dan ADDIE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Raihan Nabila
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:14
Last Modified: 07 Feb 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35388

Actions (login required)

View Item
View Item