Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Aura Ardila, 190209176 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
Aura Ardila, 190209176, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 20 Aceh Besar ditemukan permasalahan kurangnya kreativitas belajar, peserta didik kurang mampu menggambar dan mewarnai dengan baik, kurang berani dalam memilih dan menggunakan banyak warna, kebanyakan peserta didik lebih memilih membeli sketsa gambar, kurang kreativitas dalam menyelesaikan tugas lainnya, serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengemukakan ide, pendapat atau gagasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan peningkatan kreativitas belajar peserta didik dengan menerapkan model project based learning dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada kelas IV. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, subjek penelitian sebanyak 33 peserta didik kelas IV-1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan rubrik, dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dengan nilai persentase 77,77% dengan kategori baik, siklus II 83,33% dengan kategori sangat baik, dan siklus III 93,51% dengan kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai persentase 75,92% dengan kategori baik, siklus II 81,48% dengan kategori sangat baik, dan siklus III 90,74% dengan kategori sangat baik. Tingkat kreativitas belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai persentase 57,57% dengan kategori kurang kreatif, siklus II 75,75% dengan kategori kreatif, dan siklus III 87,87% dengan kategori kreatif. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aura Ardila
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:16
Last Modified: 07 Feb 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item
View Item