Pemanfaatan Aset Desa Dalam Meningkatkan Sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) Di Desa Tengah Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Ichlasul Amal, 170802117 (2023) Pemanfaatan Aset Desa Dalam Meningkatkan Sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) Di Desa Tengah Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Aset Desa, Aset Desa, Pendapatan Asli Desa (PADes).] Text (Pemanfaatan Aset Desa, Aset Desa, Pendapatan Asli Desa (PADes).)
Ichlasul Amal, 170802117, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Aset desa merupakan barang milik desa yang berasal dari kekayaan asli desa, dibeli atau diperoleh atas beban anggara pendapatan dan belanja desa atau perolehan lainnya yang sah. Desa Tengah adalah salah satu desa yang memiliki aset terbesar di wilayah Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Aset Desa Tengah merupakan bentuk kemandirin desa dalam melaksanakan urusan pemerintahan terutama dalam pengelolaan aset desa. Tujuan pemanfaatan aset desa adalah untuk mengoptimalkan dayaguna aset desa sehingga dapat memberikan kontribusi pada sumber pendapatan desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana mekanisme pemanfaatan aset desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) di Desa Tengah dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pemanfaatan aset desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pemanfaatan aset desa suda dilaksanakan dengan baik dan memberikan dampak pada pendapatan asli desa kemudian dalam proses pemanfaatan aset desa juga terdapat kendala yaitu penunggakan pembayaran oleh pihak pengelola aset desa. Selain itu terdapat faktor penghambat dalam pemanfaatan aset desa di Desa Tengah yaitu keterbatasan anggaran dalam pengelolaan aset desa dan tidak adanya target dalam meningkatkan pendapatan asli desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ichlasul Amal Amal
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:19
Last Modified: 07 Feb 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35394

Actions (login required)

View Item
View Item