Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 04 Banda Aceh

Suci Lestari, 190209171 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 04 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja  Sama Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 04 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Kelas IV MIN 04 Banda Aceh)
Suci Lestar, 190209171, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di MIN 04 Banda Aceh kelas IV ditemukan permasalahan rendahnya sikap kerja sama peserta didik, dikarenakan kurangnya tanggung jawab pada tugas kelompok, tidak saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan peningkatan sikap kerja sama peserta didik dengan menerapkan model project based learning dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada kelas IV-B MIN 04 Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan rubrik. Analisis data menggunakan rumus persentase sesuai dengan keberhasilan yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 77,88% dengan kategori baik, siklus II memperoleh persentase 83,65% dengan kategori baik sekali dan siklus III memperoleh persentase 92,30% dengan kategori baik sekali. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 74,03% dengan kategori baik, siklus II memperoleh persentase 81,73% dengan kategori baik sekali dan siklus III memperoleh persentase 90,38% dengan kategori baik sekali. Kemampuan kerja sama peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 56,41% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh persentase 74,35% dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh persentase 87,17% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan sikap kerja sama peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suci Lestari
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:16
Last Modified: 07 Feb 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35398

Actions (login required)

View Item
View Item