Analisa Kelayakan Usaha Nasabah Untuk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Intan Marsenda, 140601010 (2017) Analisa Kelayakan Usaha Nasabah Untuk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Analisa kelayakan usaha nasabah dilakukan untuk menilai kelayakan calon nasabah, menekan resiko akibat tidak terbayarnya pembiayaan yang bertujuan untuk memperoleh keyakinan bahwa nasabah memiliki kemauan dan kemampuan memenuhi kewajibannya secara tertib.)
Intan Marsenda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (647kB) | Preview

Abstract

Kerja Praktik dilakukan pada PT BRI Syariah Kantor Cabang yang terletak pada Jl Sultan Alaidin Mahmudsyah No. 4-5 Banda Aceh. PT BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh adalah lembaga bank yang tujuannya untuk membantu mengembangkan ekonomi masyarakat kecil dan golongan ekonomi lemah dengan menerapkan transaksi keuangan tanpa bunga atau atas dasar bagi hasil. Saat ini, PT BRI SyariahKantor Cabang Banda Aceh memiliki pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah. Pembiayaan KUR Syariah diberikan kepada masyarakat kecil/ masyarakat yang tidak memiliki penghasilan. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa KUR Syariah hanya menguntungkan pihak-pihak tertentusaja.Sementara, KUR Syariah sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui Analisa Kelayakan Usaha Nasabah untuk Pembiayaan KUR Syariah pada PT BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Dalam melakukan Kerja Praktik penulis ditempatkan dibeberapa bidang, terutama di bidang pembiayaan. Penulis mengamati bahwa penerapan prinsip Analisa Kelayakan Usaha Nasabah Untuk Pembiayaan KUR Syariah telah terlaksana sesuai dengan Buku Pedoman Perusahaan (BPP) pada PT BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh dan sesuai dengan Prinsip Syariah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN). Berdasarkan hasil kerja praktik, dapat diambil kesimpulan bahwaPembiayaa KUR Syariah merupakan pembiayaan penambahan modal atau pembelian peralatan kerja untuk mengembangkan usaha-usaha mikro yang produktif dan feasible (layak untuk dibiayai) yang diperuntukan untuk masyarakat kecil yang ingin mengembangkan usahanya. Analisa Kelayakan Usaha Nasabah Untuk Pembiayaan KUR Syariah dilakukan dengan formula 5C dan konsep 4P yaitu : 5C ( Character, Capital, Capacity, Condition of Economic, dan Collateral ), 4P ( Personality, Purpose, Prospect, dan Payment ). Dalam hal iniberdasarkan hasil kerja praktik penulis menuliskan saran hendaknya di antara para karyawan perlu meningkatkan semangat kerjasama yang dilandasi dengan kejujuran serta pelayanan yang dapat memuaskan bagi nasabahnya guna untuk mempererat hubungan kemitraan agar tercapainya perkembangan ekonomi serta perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA; NIP.195612311987031031. 2. Muhammad Arifin. S.HI., M.Ag; NIP.197410152006041002
Uncontrolled Keywords: Kredit Usaha Rakyat, PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Intan marsidi
Date Deposited: 17 Aug 2017 00:58
Last Modified: 17 Aug 2017 00:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item
TOP