Pembatalan Ikrar Wakaf Pada Wakaf Polis Asuransi Syariah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Suatu Penelitian pada Sun Life Financial Syariah Aceh)

Mohd Aufar, 180102101 (2023) Pembatalan Ikrar Wakaf Pada Wakaf Polis Asuransi Syariah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Suatu Penelitian pada Sun Life Financial Syariah Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembatalan Ikrar Wakaf Pada Wakaf Polis Asuransi Syariah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Suatu Penelitian pada Sun Life Financial Syariah Aceh)] Text (Pembatalan Ikrar Wakaf Pada Wakaf Polis Asuransi Syariah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf (Suatu Penelitian pada Sun Life Financial Syariah Aceh))
skripsi_aufar_full[1].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Ikrar wakaf merupakan hal terpenting dalam proses pembentukan wakaf, dan wakif harus menyatakan secara jelas dan tegas niatnya tersebut. Didalam wakaf polis Asuransi Syariah pada Sun Life Financial Syariah Aceh, ikrar wakaf merupakan suatu bagian terpenting dalam pelaksanaan wakaf. Dalam ketentuannya ikrar wakaf tidak dapat di batalkan dengan alasan apapun kecuali untuk membayar sisa hutang wakif (apabila ada). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan wakaf polis pada produk asuransi syariah di Sun Life Financial Syariah Aceh, dan untuk mengetahui apakah pembatalan ikrar wakaf polis asuransi syariah di Sun Life Financial Syariah Aceh sudah sesuai berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang nantinya penulis akan melakukan penelitian lapangan ataupun kepustakaan. Kemudian penulis melakukan pendekatan yuridis empiris yang nantinya penulis akan menganalisis tentang pembatalan ikrar wakaf pada wakaf polis asuransi syariah. Adapun teknik yang digunakan penulis yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, klasifikasi data, penilaian data, dan interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan wakaf polis pada produk asuransi syariah di Sun Life Financial syariah Aceh sesuai dengan sistem yang ditetapkan oleh MUI dan terdapat tiga opsi wakaf yaitu; wakaf uang pertanggungan, wakaf nilai investasi, dan wakaf regular. Ikrar wakaf bersifat mengikat dan tidak dapat diubah kecuali wakif masih hidup dan ikrar wakaf dapat dibatalkan apabila wakif meninggal dunia dan meninggalkan hutang. Dalam pasal 3 UU No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf menyatakan bahwa wakaf yang telah diikrarkan tidak dapat dibatalkan. Maka dari itu, dalam praktik yang dilakukan oleh Sun Life Financial Syariah Aceh terhadap perubahan ikrar wakaf belum dipahami dengan baik dan pernyataan wakaf dapat dirubah selama wakif masih hidup hanya dipahami dan disetujui oleh masing-masing pihak yang menandakan bahwa dalam hal ini terdapat perjanjian yang tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohd Aufar Aufar
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:35
Last Modified: 07 Feb 2024 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35407

Actions (login required)

View Item
View Item