Pengukuran Kualitas Pelayanan Jaringan Wi-Fi Menggunakan Parameter Qos (Quality Of Service) Pada UPT Perpustakan UIN Ar- Raniry Banda Aceh

Rayhan Armyani, 190212013 (2024) Pengukuran Kualitas Pelayanan Jaringan Wi-Fi Menggunakan Parameter Qos (Quality Of Service) Pada UPT Perpustakan UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengukuran Kualitas Pelayanan Jaringan Wi-Fi Menggunakan Parameter Qos (Quality Of Service) Pada UPT Perpustakan UIN Ar- Raniry Banda Aceh] Text (Pengukuran Kualitas Pelayanan Jaringan Wi-Fi Menggunakan Parameter Qos (Quality Of Service) Pada UPT Perpustakan UIN Ar- Raniry Banda Aceh)
Rayhan Armyani, 190212013, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Jaringan internet merupakan salah satu cara dan menjadi fokus utama untuk memperoleh informasi. Dalam membangun jaringan diperlukannya teknik untuk mengelola jaringan.Teknik ini disebut sebagai kualitas layanan atau Quality of Service (QoS) dan parameternya terdiri dari Throughput, Packetloss, Delay, dan Jitter. Baik atau buruknya suatu jaringan tergantung pada aspek kualitas layanan atau QoS . Dalam penelitian ini, digunakan aplikasi Wireshark untuk melakukan analisis jaringan dengan fokus pada parameter-parameter QoS. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengolahan data, yang dilakukan melalui pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung akses beragam materi pembelajaran oleh mahasiswa dan administrasi di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry dengan menyediakan sarana dan prasarana tambahan, salah satunya adalah layanan internet di Perpustakaan. Dari hasil pengukuran QoS pada jaringan Wi-Fi di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry berdasarkan standar TIPHON diketahui bahwa WIFI-RANIRY dan WIFI-UINAR terhadap akses Web Repository UIN dengan nilai indeks QoS sebesar 3 kategori “Bagus” dan hasil pengukuran jaringan WIFI-RANIRY dan WIFI-UINAR terhadap akses Web Gmail memperoleh nilai indeks QoS sebesar 2,87 kategori “Sedang” atau “Kurang Memuaskan”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Rayhan Armyani
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:39
Last Modified: 07 Feb 2024 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35410

Actions (login required)

View Item
View Item