Strategi Coping Ibu Hamil Dalam Menghadapi Kecemasan Menjelang Persalinan (Studi Deskriptif Analitis Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam)

Fitri Khairani Mahmud Melba, 180402079 (2024) Strategi Coping Ibu Hamil Dalam Menghadapi Kecemasan Menjelang Persalinan (Studi Deskriptif Analitis Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Coping Ibu Hamil Dalam Menghadapi Kecemasan Menjelang Persalinan (Studi Deskriptif Analitis Di Kecamatan Simpang Kiri  Kota Subulussalam)] Text (Strategi Coping Ibu Hamil Dalam Menghadapi Kecemasan Menjelang Persalinan (Studi Deskriptif Analitis Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam))
Fitri Khairani Mahmud Melba, 180402079, FDK, BKI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Coping Ibu Hamil dalam Menghadapi Kecemasan Menjelang Persalinan (Studi Deskriptif Analitis di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kecemasan yang dirasakan ibu hamil menjelang proses persalinan dan untuk mengetahui strategi coping yang digunakan pada ibu hamil di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Permasalahan yang terjadi yaitu masih banyak ibu-ibu yang mengalami kecemasan pada saat sebelum melakukan persalinan, sehingga kecemasan ini menyebabkan gangguan pada ibu-ibu hamil. Seperti gangguan pada janin, dan bahkan mengalami keguguran. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualiatif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teknik wawancara secara langsung dengan ibu hamil di Kecamatan Simpang Kiri. Teknik validitas data menggunakan teknik perbandingan dengan informan satu dengan informan yang lain, analisis data yang dilakukan dengan beberapa penarikan pengumpulan data display, kemudian dilakukan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap ibu hamil memiliki kecemasan yang berbeda-beda. Seperti, takutnya pada janin yang tidak berkembang da nada pula kecemasan sehingga mengalami keguguran, menggunakan emotion focused coping merupakan cara terbaik untuk meminimalisir masalah ini pada ibu hamil. Strategi coping yang dilakukan juga berbeda-beda, menghadapi kecemasan tergantung pada kecemasan yang dirasakan juga berbeda-beda, tergantung kecemasan yang dirasakannya, sehingga penelitian ini menggunakan metode coping jangka pendek, cara ini sangat efektif mengurangi kecemasan/ ketegangan psikoogis dan cukup efektif serta nyaman untuk waktu yang sementara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fitri Khairani Mahmud Melba Fitri
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:41
Last Modified: 07 Feb 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35412

Actions (login required)

View Item
View Item