Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk dan Pendidikan terhadap Tingkat Pengangguran di Provinsi Aceh

Mushaddiq, 180604121 (2023) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk dan Pendidikan terhadap Tingkat Pengangguran di Provinsi Aceh. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, Pendidikan dan Tingkat Pengangguran.] Text (Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, Pendidikan dan Tingkat Pengangguran.)
Mushaddiq, 180604121, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Masalah tingkat pengangguran merupakan masalah yang sangat sulit untuk dihindari oleh suatu negara atau daerah, masalah pengangguran dapat menimbulkan kerawanan sosial, dan berpotensi mengakibatkan kemiskinan. Pengangguran merupakan orang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan atau seseorang yang bekerja selama 2 hari dalam seminggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan pendidikan terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data time series. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tingkat pengangguran terbuka, pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan pendidikan (rata-rata lama sekolah), selama 25 tahun dari tahun 1998-2022. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran. Jumlah penduduk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran. Sedangkan pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran. Namun secara simultan pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan pendidikan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mushaddiq Mushaddiq
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:38
Last Modified: 12 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35430

Actions (login required)

View Item
View Item