Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Pair Check pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 1 Banda Aceh

Musthafa Kamal, 201223464 (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Pair Check pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tantang  Model Pembelajaran Pair Check]
Preview
Text (Membahas tantang Model Pembelajaran Pair Check)
Musthafa Kamal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Bedasarkan hasil observasi kelas V MIN 1 Banda Aceh, masih terdapat kekurangan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif. Hal ini dapat membuat siswa menjadi bosan dan tidak dapat merespon pembelajaran IPS. Interaksi antara guru dengan siswa tidak ada sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang sudah diajarkan dan hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajara Pair Check pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 1 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajara Pair Check. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas V MIN 1 Banda Aceh yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi dan tes. Data ini diolah dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 3,27 yang termasuk dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II dengan nilai ratarata 3,94 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 2,69 yang termasuk dalam kategori cukup, dan meningkat pada sklus II dengan nilai rata-ata 3,69 yang termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada sklus I yaitu 45%, dan meningkat pada siklus II yaitu 82,5%. Bedasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Ckeck pada pembelajaran IPS kemampuan guru meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Banda Aceh lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Tasnim Idris, M. Ag 2.Hafidh Maksum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pair Check
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Musthafa Kamal
Date Deposited: 17 Apr 2018 08:32
Last Modified: 17 Apr 2018 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item
View Item