Perancangan Kantor Samsat Kota Sigli Dengan Pendekatan Arsitektur Modern

Muhammad Naufal, 180701090 (2024) Perancangan Kantor Samsat Kota Sigli Dengan Pendekatan Arsitektur Modern. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Perancangan Kantor Samsat Kota Sigli Dengan Pendekatan Arsitektur Modern] Text (Perancangan Kantor Samsat Kota Sigli Dengan Pendekatan Arsitektur Modern)
Muhammad Naufal, 180701090, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Kota Sigli merupakan salah satu kota yang masih berkembang di Kabupaten Pidie, sehingga banyak aspek yang mengalami perkembangan juga. Termasuk jumlah penduduk yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua. Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2015 jumlah kendaraan mencapai 1.677.691, sedangkan pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebanyak 2.324.809. Dinas Pendapatan Daerah bertugas untuk menangani penyetoran pendapatan asli daerah, pihak polisi daerah bertugas untuk menangani registrasi keabsahan kepemilikan kendaraan dan Jasa Raharja menangani registrasi asuransi yang berkaitan dengan kecelakaan pada klien. Ketiga instansi ini bergabung dalam Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) untuk memberikan layanan kepada publik. Setelah penulis melakukan survey terhadap bangunan tersebut terdapat beberapa fasilitas yang kurang memadai dari kantor ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Kepala Kantor Samsat, beliau menyampaikan pada bangunan Kantor Samsat ini masih kurang luas, pencahayaan dari dalam bangunannya kurang terlebih ketika listriknya mati, kekurangan lainnya yaitu ruangannya yang masih kurang sehingga para pengguna harus berada di ruang yang sama pada saat bekerja. Oleh karena itu, dengan adanya Perancangan Kantor Samsat Kota Sigli dengan Pendekatan Arsitektur Modern ini diharapkan dapat terciptanya kantor yang mampu untuk menonjolkan sisi modernitas, dan kemutakhiran suatu material dari fasad tersebut. Fasad dirancang dengan sangat minim penggunaan ornamen, tetapi mampu memberi efek modern dengan memerhatikan fungsional dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Muhammad Naufal
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:55
Last Modified: 12 Feb 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35452

Actions (login required)

View Item
View Item