Pengembangan Media Roda Matematika Pintar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Tasya Umairah, 190209044 (2024) Pengembangan Media Roda Matematika Pintar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Roda Matematika Pintar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah] Text (Pengembangan Media Roda Matematika Pintar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah)
Tasya Umairah, 190209044, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran guru cenderung menggunakan media gambar karena dianggap praktis.Tapi masih ada kendala jika menerapkan media gambar karena gambar yang disediakan terbatas, akibatnya masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran sangat penting peranannya dalam pembelajaran matematika, karena dengan menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang sedang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Roda Matematika Pintar pada materi sifat operasi hitung komutatif bilangan cacah pada perkalian di kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang layak digunakan. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media Roda Matematika Pintar pada materi sifat operasi hitung komutatif pada bilangan cacah kelas III SD/MI, dan kelayakan media Roda Matematika Pintar pada materi sifat operasi hitung komutatif pada bilangan cacah kelas III SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon guru. Berdasarkan hasil validasi terhadap media, maka diperoleh skor 85,45% dan hasil validasi materi diperoleh skor 93,33% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data hasil respon guru diperoleh skor 94,54% dan 96,66% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian media Roda Matematika Pintar pada materi sifat operasi hitung komutatif bilangan cacah pada perkalian sangat layak untuk digunakan di kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tasya Umairah
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:08
Last Modified: 12 Feb 2024 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35453

Actions (login required)

View Item
View Item