Pergeseran Nilai Etika Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Degradasi Nilai Penghormatan Terhadap Orang Tua Di Kemukiman Lubuk, Aceh Besar)

Rio Bayu Feranda, 170304043 (2024) Pergeseran Nilai Etika Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Degradasi Nilai Penghormatan Terhadap Orang Tua Di Kemukiman Lubuk, Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pergeseran Nilai Etika Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Degradasi Nilai Penghormatan Terhadap Orang Tua Di Kemukiman Lubuk, Aceh Besar)] Text (Pergeseran Nilai Etika Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Degradasi Nilai Penghormatan Terhadap Orang Tua Di Kemukiman Lubuk, Aceh Besar))
Rio Bayu Feranda, 170304043, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dengan judul “Pergeseran Nilai Etika di Kalangan Remaja (Studi Kasus Degradasi Nilai Penghormatan Terhadap Orang Tua di Kemukiman Lubuk, Aceh Besar” ini bertujuan untuk mengetahui penyebab pergeseran nilai etika di kalangan remaja Kemukiman Lubuk, Aceh Besar dan upaya membangun kembali nilai etika di kalangan remaja Kemukiman Lubuk, Aceh Besar terhadap orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri dari remaja, orang tua remaja dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyebab terjadinya degradasi nilai penghormatan terhadap orang tua di kalangan remaja Kemukiman Lubuk Aceh Besar ialah kurangnya perhatian dari orang tua dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang agama, kurang perhatian dari tokoh-tokoh masyarakat, serta masih kurangnya kesadaran dari remaja itu sendiri untuk mengamalkan Al-quran dan belajar agama. Upaya mengurangi dampak degradasi nilai penghormatan terhadap orang tua di kalangan remaja dilakukan dengan mengadakan pengajian secara rutin, konseling, program olah raga, program wanita, dan peraturan jam malam. Upaya lainnya dilakukan masyarakat dengan spanduk seru, memberikan sanksi adat, selain itu juga sanksi pidana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Rio Bayu Feranda Rio
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:45
Last Modified: 13 Feb 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35462

Actions (login required)

View Item
View Item