Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Akad Murabahah Pada Perumahan Bersubsidi Syariah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Jeuram)

Mohd. Zahidi, 190603067 (2023) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Akad Murabahah Pada Perumahan Bersubsidi Syariah (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Jeuram). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Akad murabahah] Text (Akad murabahah)
Mohd. Zahidi, 190603067, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Risiko pada Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi terjadi saat nasabah kesulitan membayar pembiayaan karena penghasilan yang tidak tetap. Oleh karena itu, semakin panjang jangka waktu pembiayaan, risiko yang ditanggung oleh bank akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen risiko dalam mencegah potensi kerugian akibat dari banyaknya nasabah yang berpenghasilan tidak tetap. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah dapat dibangun setelah melalui mekanisme yang ditetapkan oleh Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Penerapan manajemen risiko dilakukan dengan menganalisis 5C+1S (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of economy, dan Sharia Compliance) dikarenakan adanya perbedaan mekanisme pembayaran dan penerimaan pendapatan antara nasabah yang berpenghasilan tetap dan tidak tetap. Hambatan terjadi saat nasabah PKR Bersubsidi ingin mengajukan pembiayaan tanpa memenuhi syarat atau melakukan akad murabahah sebelum rumah siap ditempati, sehingga bank perlu menjelaskan secara transparan agar manajemen risiko berjalan lancar. Dengan demikian, keseluruhan manajemen risiko pada Bank Aceh Syariah sesuai fatwa DSN-MUI yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mohd. Zahidi Zahidi
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:32
Last Modified: 13 Feb 2024 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35464

Actions (login required)

View Item
View Item