Sistem Pelayanan Digital Library Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Afkar, 190206030 (2024) Sistem Pelayanan Digital Library Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Sistem Pelayanan Digital Library Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Sistem Pelayanan Digital Library Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Afkar, 190206030, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

IPustaka Aceh merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh yang didalamnya terdapat berbagai kumpulan informasi yang dapat diakses melalui jaringan internet serta perangkat yang tersedia. iPustaka Aceh mulai diterbitkan pada tahun 2019 dengan tujuan memudahkan pengguna dalam pencarian informasi. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui perencanaan sistem palayanan digital library pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, (2) untuk mengetahui pelaksanaan sistem pelayanan digital library pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, (3) untuk mengetahui kendala sistem pelayanan digital library pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian terdiri dari kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, 2 orang petugas perpustakaan di bidang otomasi perpustakaan, dan 3 orang pengguna aplikasi iPustaka Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan iPustaka Aceh dimulai dari adanya renstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh tentang perancangan iPustaka Aceh yang telah di sepakati bersama dengan seluruh staff dengan tujuan agar memudahkan pengguna dalam mencari bahan bacaan atau informasi. (2) penggunaan aplikasi iPustaka Aceh lebih mudah dan simple dibanding dengan perpustakaan konvensional. Melalui iPustaka Aceh pengguna dapat membaca atau meminjam buku yang diinginkan dan pengembalian secara otomatis tanpa perlu takut kena denda. (3) koneksi jaringan internet yang susah dapat membuat pengguna sulit untuk mengakses iPustaka Aceh. Koleksi digital yang tersedia pada iPustaka Aceh juga masih terbatas. Hal ini dibuktikan dari beberapa pengguna yang meminta untuk diterbitkan beberapa buku lagi yang dibutuhkan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afkar Afkar
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:55
Last Modified: 13 Feb 2024 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35465

Actions (login required)

View Item
View Item