Hubungan Antara Manusia Dan Jin Menurut Para Mufassir

Nur Suriani Binti Rashid, 160303102 (2024) Hubungan Antara Manusia Dan Jin Menurut Para Mufassir. Hubungan Antara Manusia Dan Jin Menurut Para Mufassir.

[thumbnail of Hubungan Antara Manusia Dan Jin Menurut Para Mufassir] Text (Hubungan Antara Manusia Dan Jin Menurut Para Mufassir)
Nur Suriani Binti Rashid, 160303102, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB)

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang ayat-ayat Al-Quran menurut para mufassir yang utamanya membahas tentang bagaimana
hubungan antara manusia dan jin. Mufassir banyak menjelaskan tentang hubungan antara manusia dan jin dalam
tafsirannya. Berbagai hubungan antara manusia dan jin, Hubungan seperti ini adalah haram. Dalam firman Allah yang lain secara tegas juga diperintahkan bahwa manusia sepatutnya menjadikan jin itu sebagai musuhnya karena sesungguhnya jin itu akan menipu manusia kepada kesesatan dengan berhubungan dengannya dan menjadikan manusia sebagai ahli neraka. Demikianlah mufassir memberikan gambaran tentang hubungan antara manusia dan jin. Namun, terdapat juga tafsiran mufasir dalam kitab tafsir yang secara kontradiktif menyatakan bahwa hubungan antara manusia dan jin tidak boleh karena pergantungan hanya kepada Allah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja ayat-ayat yang menjelaskan hubungan antara manusia dan jin serta bagaimana hubungan antara manusia dan jin menurut para mufassir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode tafsir tematik (maudhui). Dibatasi kepada beberapa kitab-kitab tafsir di antaranya Tafsir Al-Nur, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Munir, Tafsir Al-Qurtubi dan Tafsir Al-Azhar. Dengan menggunakan metode yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa kesimpulan yaitu hubungan ini tidak seperti hubungan manusia dengan sesamanya karena jin itu makhluk halus yang dapat melihat kita, sedangkan kita tidak dapat melihat mereka. Sihir boleh menyebabkan kemudaratan dan ia termasuk dalam tujuh dosa-dosa besar.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nur Suriani Binti Rashid Suriani
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:29
Last Modified: 13 Feb 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35470

Actions (login required)

View Item
View Item