Kesiapan Peserta Didik Pada Asesmen Kompetensi Minimum di MIN 27 Aceh Besar

Istikomah, 180209084 (2024) Kesiapan Peserta Didik Pada Asesmen Kompetensi Minimum di MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang assesment] Text (Membahas tentang assesment)
istiqamah 180209084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perubahan yang terjadi pada kurikulum pembelajaran dan sistem pendidikan nasional pemerintah, melalui surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 memutuskan bahwa Ujian Nasional ditiadakan dan diganti oleh Asesmen Nasional. Asesmen nasional terdiri dari 3 instumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan SurveiLingkungan Belajar. Pada penelitian ini peneliti ingin melakukan penelitian tentang kesiapan peserta didik pada asesmen kompetensi minimum, yang mana asesmen nasional merupakan hal yang masih baru dan belum banyak yang meneliti, sehingga hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kesiapan peserta didik pada asesmen kompetensi minimum (AKM) di MIN 27 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuisioner atau angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kesiapan pada asesmen kompetensi minimun dari 53 peserta didik di MIN 27 Aceh Besar diketahui bahwa, dari kesiapan pada asesmen kompetesi minimum 44 peserta didik (83%) sangat setuju. Selanjutnya, 9 peserta didik (17%) setuju. Dan pada kesiapan pada pemecahan soal 39 peserta didik (74%) sangat setuju. Selanjutnya, 14 peserta didik (26%) setuju. Selanjutnya, 5 peserta didik (9%) setuju dengan pemberlakuan AKM. Maka berdasarkan data di tersebut dapat dipahami bahwa kesiapan peserta didik pada asesmen kompetensi minimum di MIN 27 Aceh Besar tergolong SANGAT SIAP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Istikomah
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:24
Last Modified: 13 Feb 2024 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35479

Actions (login required)

View Item
View Item