Bantuan Konsumtif Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Covid-19: Studi Pada Masyarakat Dikota Banda Aceh

Mukhlisin, 160602090 (2024) Bantuan Konsumtif Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Covid-19: Studi Pada Masyarakat Dikota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Bantuan Konsumtif Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Covid-19: Studi Pada Masyarakat Dikota Banda Aceh] Text (Bantuan Konsumtif Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Covid-19: Studi Pada Masyarakat Dikota Banda Aceh)
Mukhlisin, 160602090, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Bantuan Konsumtif Untuk Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Masa Covid-19: Studi Pada Masyarakat Dikota Banda Aceh. Ekonomi Syariah adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara yang islami. Penerapan sistem Ekonomi Syariah bertujuan untuk membawa kemakmuran bagi seluruh masyarakat melalui Instrumen Ekonomi Syariah seperti Bantuan Konsumtif. Namun, Indonesia saat ini diganggu oleh isu COVID-19 yang merugikan perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik perekonomian masyarakat di Kota Banda Aceh, Sudah Sesuaikah dengan sistem Ekonomi Syariah dan bagaimana Bantuan Konsumtif berperan dalam mensejahterakan masyarakat di era COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan relevansi pendekatan literatur atau teori ekonomi Islam dan wawancara. Informan dalam penelitian ini sebanyak 20 responden yang diambil dari masyarakat di Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan data dengan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan pendekatan pemikiran deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik perekonomian masyarakat di Kota Banda Aceh sudah sesuai dengan sistem Ekonomi Syariah. Pemahaman Ekonomi Syariah Seperti harta kepunyaan Allah SWT, dibumi disediakan semua kebutuhan untuk kebutuhan manusia, shalat wajib 5 waktu & selalu bekerja, Keadilan dan keseimbangan dapat melindungi kepentingan individu dan masyarakat, Melengkapi kebutuhan hidup, berinvestasi yang sesuai dengan Islam, membayar zakat, dan riba merupakan suatu hal yang dilarang dalam Islam. Bantuan Konsumtif dengan prinsip-prinsipnya berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah mampu menjadi solusi bagi kesejahteraan masyarakat, apalagi karena COVID-19. Peran utama alternatif dalam mensejahterakan masyarakat terdampak COVID-19 adalah bantuan konsumtif dari pemerintah pada era covid-19 yang itu juga merupakan bagian dari instrumen Ekonomi Syariah, Kemudian bantuan konsumtif dari Baitul Mal pada era covid-19 yang itu merupakan lembaga keuangan sistem Ekonomi Syariah. Kajian ini menjadi bukti tak terbantahkan bahwa instrumen Ekonomi Syraiah seperti bantuan konsumtif memiliki potensi yang luar biasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mukhlisin Mukhlisin
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:42
Last Modified: 13 Feb 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35482

Actions (login required)

View Item
View Item