Kepemimpinan Partisipatif Keuchik Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kecamatan Kluet Selatan

Eliza, 190403038 (2024) Kepemimpinan Partisipatif Keuchik Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kecamatan Kluet Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kepemimpinan Partisipatif Keuchik Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kecamatan Kluet Selatan] Text (Kepemimpinan Partisipatif Keuchik Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kecamatan Kluet Selatan)
Eliza, 190403038, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Ketiga Gampong yang berada di kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan merupakan suatu organisasi pemerintahan yang memiliki berjumlah lebih kurang delapan aparatur, kinerja aparatur pada kantor Keuchik Pasie Lembang, Ujung Padang dan Indra Damai bisa dikatakan masih kurang maksimal, dan lambatnya pelayanan yang diterima masyarakat, oleh sebab itu untuk menwujudkan sikap kerja aparatur yang baik, maka diperlukan berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin suatu organisasi pemerintah, yaitu dengan menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat. Hal ini menarik bagi penulis untuk mengangkat sebuah penelitian dengan judul Kepemimpinan Partisipatif Keuchik Dalam Meningkatkan Pelayanan di Kecamatan Kluet Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana kepemimpinan partisipatif keuchik dalam meningkatkan pelayanan di Kecamatan Kluet Selatan Dan bagaimana upaya dan hambatan kepemimpinan partisipatif Keuchik meningkatkan pelayanan di Kecamatan Kluet Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif Keuchik dalam meningkatkan pelayanan di kecamatan Kluet Selatan dalam hal ini keuchik di tiga Gampong tersebut menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif, dimana Keuchik ditiga Gampong di Kluet Selatan pada saat pengambilan keputusan selalu memperhatikan usulan dari aparatur pemerintah Gampong dan mengutamakan pengambilan keputusan secara bermusyawarah dengan anggota dan masyarakat gampong, kedisiplinan waktu para aparatur yang sudah cukup baik, selain itu untuk sikap aparatur dalam melayani masyarakat sudah cukup baik. Hambatan yang dihadapi Keuchik dan aparatur dalam meningkatkan pelayanan di Kecamatan Kluet Selatan adalah kurangnya komunikasi antar pemerintahan gampong dengan masyarakat setempat, menghadapi perbedaan karakter dan pola fikir masyarakat Gampong, masih kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya koneksi internet, bekerja bukan berdasarkan keahlian yang dimiliki. Upaya yang dilakukan oleh Keuchik dan aparatur dalam meningkatkan pelayanan di Kecamatan Kluet Selatan adalah, Keuchik bekerjasama dan selalu bermusyawarah dalam pengambilan keputusan, keuchik harus selalu mengkoordinasikan dan memberikan saran sekaligus mengawasi kinerja aparatur, mengadakan pengasahan skill aparatur, meningkatkan dukungan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Eliza Eliza
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:41
Last Modified: 13 Feb 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item
View Item