Perancangan Pusat Urban Farming Kota Banda Aceh

Muhammad Fahmi Adha, 190701093 (2023) Perancangan Pusat Urban Farming Kota Banda Aceh. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hortikultura, Urban Farming, Arsitektur Berkelanjutan.] Text (Hortikultura, Urban Farming, Arsitektur Berkelanjutan.)
MUHAMMAD FAHMI ADHA, 190701093, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Dewasa ini Komoditas tanaman hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu kebutuhan pangan masyarakat dalam menanggapi penyempitan lahan yang terjadi di Indonesia terkhusus di kota Banda Aceh. Komoditas hortikultura sendiri terdiri dari jenis olekultur (sayuran), frutikultur (buah buahan), dan diikuti didalamnya biofarmaka (tanaman obat) dan florikultura (tanaman hias), sehingga kesediaannya merupakan hal penting di tengah masyarakat dalam pemenuhan gizi berupa serat, mineral, vitamin, kebutuhan rempah dan lainnya. Di samping itu pemanasan global dan degradasi lahan pertanian mengancam produktifitas budidaya hortikultura seperti gagal panen, kerusakan tanaman, juga mahalnya harga tanah karena ketersediaan lahan tanam yang kian menyempit sehingga diperlukannya teknologi dan inovasi dalam pengembangan budidaya hortikultura yang bersifat rekreatif di kota Banda Aceh seperti Urban Farming yang tanggap terhadap pembangunan berkelanjutan sehingga pendekatan yang di terapkan pada perancangan ini menggunakan Arsitektur berkelanjutan. Arsitektur berkelanjutan adalah “arsitektur yang memenuhi kebutuhan saat ini, tanpa membahayakan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dengan adanya Perancangan Pusat Urban Farming kota Banda Aceh ini diharapkan dapat Menghadirkan bangunan dan kawasan yang penerapannya bersinergi dengan aspek keberlanjutan seperti lingkungan, ekonomi dan sosial di kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Muhammad Fahmi Adha Fahmi
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:45
Last Modified: 15 Feb 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35493

Actions (login required)

View Item
View Item