Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Getaran Dan Gelombang Berbentuk Kartu Misteri Untuk Tingkat SMP/MTs

Cut Zata Humaira, 180204088 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Getaran Dan Gelombang Berbentuk Kartu Misteri Untuk Tingkat SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Cut Zata Humaira, 180204088, FTK, PFS, 082273364436.pdf] Text
Cut Zata Humaira, 180204088, FTK, PFS, 082273364436.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada saat belajar. Permasalahan yang dialami peserta didik yaitu kurangnya minat belajar karena belum ada media pembelajaran tambahan sehingga dibutuhkan media pembelajaran sebagai bahan ajar tambahan pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan cara membagikan angket analisis kebutuhan kepada peserta didik yang berisi daftar pertanyaan, peserta didik memilih materi getaran dan gelombang sebagai materi yang sangat sulit dengan persentase 38,7%. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal berbentuk kartu misteri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D memiliki tahapan berupa tahap pendefinisian (define), tahap desain produk (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap terakhir yaitu pernyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, ahli media dan pengguna media. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari ahli materi dengan persentase 92,6%, ahli media dengan persentase 97%, dan pengguna media dengan persentase 85,75% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada materi getaran dan gelombang berbentuk kartu misteri untuk tingkat SMP/MTs sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Zata Humaira
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:44
Last Modified: 16 Feb 2024 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35501

Actions (login required)

View Item
View Item