Peran Guru dalam Membina Kedisiplinan Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Aceh Besar

Fahmi Al-Faraby, 170201180 (2024) Peran Guru dalam Membina Kedisiplinan Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru dalam Membina Kedisiplinan Belajar] Text (Peran Guru dalam Membina Kedisiplinan Belajar)
Fahmi Alfaraby, 170201180, FTK, PAI, 085266866433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan semangat dalam menghargai waktu sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dengan percuma, dengan melakukan disiplin belajar juga dapatmembuat persiapan yang lebih matang dalam berbagai hal.Di MTsN 2 Aceh Besar bahwa masih terdapat siswa yang tidak disiplin. Hal ini terbukti dengan adanya siswa yang terlambat ke sekolah, telat masuk jam pelajaran dan bahkan terlambat mengumpulkan pekerjaan rumah hingga ada juga yang tidak mengumpulkan pekerjaan rumah sama sekali. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru MTsN 2 Aceh Besar dalam membina kedisplinan siswa? Bagaimana kendala yang dihadapi guru MTsN 2 Aceh Besar dalam membina kedisiplinan siswa?. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualiatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru MTsN 2 Aceh Besar dalam membina kedisiplinan siswa yaitu guru sebagai inspirator, guru sebagai informator, guru sebagai korektor, guru sebagai fasilitator, guru sebagai organisator, guru sebagai motivator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai inisiator, guru sebagai demonstrator, guru sebagai supervisor, guru sebagai evaluator, guru sebagai model dan teladan, guru sebagai penasehat dalam membina kedisplinan siswa.Kendala yang dihadapi Guru MTsN 2 Aceh Besardalam membina kedisiplinan siswa yaitu siswa sering tidak hadir ke sekolah maka pembinaan kedisiplinan juga terhambat, siswa sulit di aturmakanya banyak siswa yang tidak disiplin, tata karma sama guru juga kurang serta perlu perhatian lebih dari orangtua dalam mendidik siswa ketika di rumah supaya siswa berakhlak mulia dan tidak sering datang terlambat.Oleh karena itu peran guru sangat diperlukan dalam membina kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahmi Al-faraby Yasir Arafat
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:42
Last Modified: 19 Feb 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35503

Actions (login required)

View Item
View Item